Sharing Alumni (Hanzel)

Nama saya Hanzel Hartley Lalitan. Saya menyelesaikan studi teknik lingkungan di NTU pada tahun 2017. Saat ini saya bekerja di AECOM. Di AECOM, saya ditempatkan di departemen yang secara khusus menganalisis polusi udara dan suara yang diakibatkan oleh suatu konstrusi atau operasional project tertentu (pabrik, jalan tol, restoran, dsb). Dulu saya memilih jurusan teknik lingkungan, karena saya sangat terbeban ketika melihat limbah pabrik yang begitu parah di sebuah sungai dekat SMA saya dan tidak ada yang se- pertinya peduli dengan masalah itu. Saat ini saya sangat bersyukur karena melalui pekerjaan saya, saya dapat berkontribusi dalam usaha pemeliharaan bumi yang Tuhan inginkan dengan memastikan project yang kami tangani tidak mengakibatkan dampak signifikan bagi lingkungan. Tentu klien kami tidak senang jika kami laporkan bahwa project mereka mengakibatkan dampak tertentu, dan mereka harus melakukan sesuatu untuk membenahinya (which means more money). Tantangannya ialah bagaimana kami tetap teguh dengan assessment methodology kami, serta tidak merubah data dan hasil yang ada. 

Di sisi lain, membangun relasi dengan colleagues di kantor juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Mereka adalah orang yang Tuhan tempatkan di dekat kita, sehingga saya yakin Tuhan pasti punya maksud tertentu. Saya belajar untuk secara intensional membagun relasi dan trust bersama mereka, meluangkan waktu bersama mereka. Mungkin terkadang saya sangat lelah sepulang kerja, namun saya berusaha untuk meluangkan waktu untuk misal dinner bersama atau mengadakan BBQ atau karaoke bersama, sambil terus berdoa agar melalui relasi ini Tuhan boleh dinyatakan. 

Di tengah-tengah tantangan di dunia kerja, saya rasa sangatlah penting untuk memiliki komunitas Kristen yang akuntabel dan membangun. Kadang saya merasa sendirian dan mulai berkompromi dengan dosa. Saya bersyukur memiliki komunitas kelompok kecil di gereja dan alumni seangkatan NTU-ISCF yang membantu saya untuk kembali melihat apa keinginan Tuhan yang harus saya kerjakan dan memastikan saya tetap berada di jalur yang tepat.    

 


Written by:
Hanzel Hartley Lalitan
Hanzel graduated from NTU in 2017 and is currently working as a Junior Environmental Consultant

Tags:


X